Baut kereta, baut pelatih atau baut leher kepala persegi adalah bentuk baut yang digunakan untuk mengikat logam hingga kayu.

Kami adalah supplier dan distributor Carriage Bolt di Karawang. Kami melayani kebutuhan industri di wilayah seperti KIIC suryacipta dan KIM hingga Jababeka dan MM2100 dan Lippo.

Hal ini dibedakan dari baut lainnya oleh kepala jamur dangkal dan bahwa penampang melintang dari baut melingkar untuk sebagian besar panjangnya, seperti biasa, tetapi bagian yang tepat di bawah kepala dibentuk menjadi bagian persegi sehingga membuat baut mengunci sendiri ketika ditempatkan melalui lubang persegi di tali logam, atau lubang bundar di sebagian besar kayu. Bentuk kepala baitu ini juga memungkinkan pengikat dipasang hanya dengan satu alat, kunci pas atau kunci pas, bekerja dari satu sisi.

Kepala baut kereta biasanya berbentuk kubah dangkal. Bagian yang dikuadratkan memiliki ukuran yang sama dengan diameter betis baut, dengan betis polos yang tidak tergerus.

Baut kereta dikembangkan untuk digunakan melalui pelat penguat besi di kedua sisi balok kayu, bagian kuadrat pas ke lubang persegi di besi. Meskipun biasa digunakan untuk menebang kayu, bagian yang berbentuk bujur sangkar memberikan pegangan yang cukup untuk mencegah rotasi.

 

CARRIAGE BOLT BAUT PAYUNG

Baut kereta banyak digunakan untuk pemasangan pengaman, seperti kunci dan engsel, di mana baut hanya boleh dilepas dari satu sisi. Kepala kubah halus dan mur persegi di bawah mencegah baut kereta ini tidak terkunci dari sisi yang tidak aman.

Baut kayu

Terkait erat dengan baut pengangkut adalah baut kayu, dimaksudkan untuk digunakan dengan papan dan struktur kayu besar.

Bayu kayu memiliki kepala berkubah yang secara proporsional lebih luas daripada baut kereta, dan bukannya bagian persegi betis di bawah kepala, mereka memiliki empat fillet bersudut tajam yang memegang ujung lubang di kayu untuk mencegah rotasi.

Bayu kayu juga dikenal sebagai baut kepala jamur atau baut kepala kubah. Mereka digunakan untuk mengikat kayu ke kayu, bukan logam ke kayu.

Baut bajak

Baut bajak adalah baut carriage fitting-flush, di mana kepala benam di bawah permukaan. Baut bajak pertama kali dikembangkan untuk menahan bajak yang bisa diganti di atas mouldboard bajak besi.

Bagian mouldboard itu adalah bagian bajak yang paling cepat dipakai dan akan diganti beberapa kali selama umur bajak. Baut semacam itu terus digunakan untuk memegang sekop pada mata bajak yang akan mencangkul tanah.

Referensi:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Carriage_bolt