Kami adalah perusahaan supplier banyak kebutuhan industri dan perkantoran. Sebagai thinner supplier KIIC Suryacipta Karawang Jababeka Bekasi, kami mempersiapkan stock kami hingga distribusi dalam kapasitas yagn memadai. Thinner atau dikenal sebagai solvent merupakan satu jenis bahan kimia dalam centuk cairan. Bahan kimia ini bisa mengandung satu saja atau beberapa jenis bahan kimia lain. Thinner  ini populer dikenal sebagai pelarut atau diluent. Pelarut di sini yaitu yang berfungsi sebagai filler atau bahan pengisi.

Jikat dilihat berdasarkan jenis bahan yang dikandung-nya, maka thinner ini mempunyai kegunaan berbeda-beda. Thinner bisa berfungsi : sebagai pelarut cat atau lem, pencuci kuas atau alat-alat teknik, sebagai pembersih benda-benda tertentu seperti plastik, kendaraan, helm dan yang lainnya.

Thinner Supplier KIIC Suryacipta Karawang Jababeka Bekasi

Solvent / thinner sebagai pelarut cat dibedakan berdasarkan kandungan dari tiap cat yang akan dilarutkan seperti:
– Cat Polyurethane
– Cat Epoxy
– Cat Acrylic
– Cat NitroCellulose
– Cat Melamine
– Cat Sinthetic

Tiap jenis cat tersebut di atas memiliki kandungan resin yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki sifat dan kriteria yang berbeda-beda. Sehingga untuk melarutkan tiap jenis resin tersebut diperlukan jenis solvent dan diluent yang berbeda pula.

Berikut beberapa jenis solvent yang umum dipakai sebagai campuran thinner:

– Aceton
– Methanol
– Ethyl Acetate (EA)
– Methyl Ethyl Ketone (MEK)
– Methyl Isobutyl Keton (MIBK)
– Butyl Acetate (BA)
– Cycloheksanon (CYC)
– Di-aceton Alkohol (DAA)
– Special Boiling Point (SBP)
– Mineral Spirit (SMT) atau Terpentine

Beberapa contoh solvent di atas berbeda-beda dalam sifat dan karakteristik. Di antaranya memiliki titik api (boiling point/penguapan) yang berbeda-beda, sebagian memiliki ciri bau yang khas, sebagian lagi terkadang berwarna tertentu. Selain itu nasih serta beberapa perbedaan lainnya.

Solvent atau thinner banyak digunakan untuk pelarut dalam pembuatan cat ataupun tinta. Thinner juga dipakai pada proses pengecatan untuk selain pengunaan produksi.

Pelarut yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari adalah air. Kebanyakan pelarut yang sering digunakan lainnya adalah zat kimia organik (mengandung karbon). Ini disebut pelarut organik. Pelarut biasanya memiliki titik didih yang rendah dan mudah menguap atau dapat dihilangkan dengan distilasi, dan meninggalkan zat terlarut.

Untuk membedakan antara zat terlarut dan pelarut, pelarut biasanya hadir dalam jumlah yang lebih besar.
Pelarut juga dapat digunakan untuk mengekstrak senyawa larut dari campuran. Contoh yang paling umum adalah menyeduh kopi atau teh dengan air panas. Pelarut biasanya cairan jernih dan tidak berwarna dan kebanyakan memiliki bau yang khas.

Konsentrasi larutan adalah jumlah senyawa yang larut dalam volume tertentu pelarut. Kelarutan adalah jumlah maksimal senyawa yang larut dalam volume tertentu pelarut pada suhu tertentu. Pelarut organik umumnya digunakan untuk dry cleaning (misalnya tetrachlorethylene), sebagai pengencer cat (misalnya toluene, terpentin / SMT), untuk cat kuku dan pelarut lem (aceton, methyl acetat, ethylacetat), dipakai untuk penghilang noda (misalnya heksana, eter bensin), dalam deterjen (terpene jeruk), dalam parfum (ethanol), dan dalam sintesis kimia. Penggunaan pelarut anorganik (selain air) biasanya terbatas untuk penelitian kimia dan beberapa proses teknologi.

Jenis – Jenis Thinner

inilah 5 jenis thinner berdasar jenis cat yang digunakan, thinner/reducer :

1. Thinner PU (Polyurethane).
2. Thinner Epoxy.
3. Thinner Melamic.
4. Thinner Duco.
5. Thinner ½ Duco

Adaapun berdasarkan pasar, inilah kategori thinner:
1. Thinner ND.
2. Thinner HG.
3. Thinner A.
4. Thinner Super.
5. Thinner Super ND.
6. Thinner Super HG.

Ini beberapa jenis thinner berdasarkan karakteristiknya menurut kami sebagai Thinner Supplier KIIC Suryacipta Karawang Jababeka Bekasi:
1. Thinner Nomal.
2. Thinner Slow.
3. Thinner Extra Slow.

Apa sajakah nilai-nilai keunggulan thinner dibanding solvent lainnya? Sebagai Thinner Supplier KIIC Suryacipta Karawang Jababeka Bekasi ini keunggulan produk di kami:
1. Harga yang ekonomis.
2. Lebih cepat kering.
3. Kualitas lebih bagus.
4. Lebih tahan lama.

Save

Save