ANCHOR BOLT – DYNA BOLT. Anchor bolt / baut jangkar digunakan untuk menghubungkan elemen struktural dan non-struktural ke beton.

Sambungan dibuat oleh perakitan komponen yang berbeda seperti: baut jangkar (juga disebut pengencang), pelat baja, pengaku. Baut jangkar mentransfer berbagai jenis beban: gaya tarik dan gaya geser.

Koneksi antara elemen struktural dapat diwakili oleh kolom baja yang terpasang pada pondasi beton bertulang. Sedangkan, kasus umum elemen non-struktural yang melekat pada elemen struktural diwakili oleh hubungan antara sistem fasad dan dinding beton bertulang.

Bentuk baut jangkar yang paling sederhana – dan paling kuat adalah cast-in-place, dengan ujung yang tertanam terdiri dari baut kepala dan washer heksagonal standar, tikungan 90, atau semacam flensa yang ditempa atau dilas. Yang terakhir digunakan dalam struktur komposit beton-baja sebagai konektor geser.

Kegunaan lain termasuk mesin penahan untuk menuangkan lantai beton dan bangunan ke fondasi beton mereka. Berbagai alat bantu sekali pakai, terutama dari plastik, diproduksi untuk mengamankan dan meluruskan jangkar di tempat sebelum penempatan beton.

Selain itu posisi mereka juga harus dikoordinasikan dengan tata letak tulangan. Berbagai jenis jangkar yang dipasang di tempat mungkin dibedakan:

Sisipan pengangkatan: digunakan untuk operasi pengangkatan balok RC polos atau pratekan. Sisipan dapat berupa batang berulir.

  • Lifting insert: digunakan pada koneksi beton pracetak. Insert dapat berupa baja canai panas atau dingin yang membentuk sekrup tempat-T untuk memindahkan beban ke bahan dasar.
  • Headed Stud: terdiri dari pelat baja dengan stud berkepala terbuka.
  • Selongsong ulir: terdiri dari tabung dengan ulir internal yang dilubangi kembali ke beton.

Untuk semua jenis jangkar cast-in-place, mekanisme transfer beban adalah interlock mekanis, yaitu bagian tertanam jangkar dalam transfer beton dan beban yang diterapkan (aksial atau geser) melalui tekanan bantalan di zona kontak.

Pada kondisi gagal, tingkat tekanan bantalan dapat lebih tinggi dari 10 kali kekuatan tekan beton, jika gaya tarik murni dipindahkan.

Jangkar tipe cast-in-place juga digunakan dalam aplikasi pasangan bata, ditempatkan pada sambungan mortar basah selama peletakan batu bata dan blok cor (CMU).

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Anchor_bolt