Ketika seseorang bekerja di sebuah perusahaan baik perusahaan manufaktur maupun jenis perusahaan lainnya, selain memiliki kewajiban yang sesuai dengan job desc yang diberikan ia juga layak untuk mendapatkan haknya sebagai pekerja. Salah satu hak yang patut untuk diberikan kepada para pekerja merupakan jaminan dan prosedur keselamatan dan juga keamanan. Oleh karena itu K3 sangat penting dimiliki di perusahaan maupun pabrik.


 

Apa itu K3? K3 merupakan bidang atau sebuah sistem yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja untuk memelihara kesejahteraan pekerja di lingkungan kerjanya. Penyelenggaraan K3 sudah diatur oleh undang-undang dan berlaku denda hingga hukuman kurungan bagi perusahaan yang tidak menyediakan K3 dalam kegiatan operasionalnya. Sebenarnya apa saja pentingnya K3 di dunia kerja?

1. Perlindungan terhadap fisik

Pentingnya memberikan pelatihan dan sertifikasi K3 melalui jasa K3 di perusahaan Anda adalah kegiatan operasional produksi yang dilakukan bisa memberikan perlindungan yang aman bagi para pekerja. Dalam proses produksi di industri manufaktur setiap harinya para pekerja akan berhubungan dengan mesin dan juga alat-alat baik yang bekerja secara otomatis maupun manual. Resiko adanya kerusakan pada mesin atau malfungsi alat selalu ada pada kegiatan produksi yang tidak hanya bisa menimbulkan hambatan bagi kegiatan produksi namun juga bisa membahayakan para pekerja di sekitarnya. Oleh karena itu penting dibuat sistem K3 yang bisa melindungi pekerja secara fisik tergantung dari resiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi.

2. Menentukan standar atribut pakaian yang digunakan

Apabila perusahaan Anda bergerak di bidang industri makanan maupun bahan-bahan kimia, maka selayaknya pekerja yang berhubungan langsung dengan proses produksi mengenakan pakaian pelindung, mengenakan masker, sarung tangan, dan juga penutup rambut. Tujuannya agar tidak terjadi kontaminasi pada bahan yang diproduksi dan melindungi pekerja dari kontak dengan bahan kimia yang berbahaya. Jika perusahaan bergerak di bidang konstruksi maka atribut yang dikenakan umumnya meliputi helm keras, sepatu boot karet, sarung tangan, dan sebagainya. Adanya K3 pada perusahaan maupun institusi  memastikan semua pekerja mengenakan atribut sesuai standar.

3. Mengurangi turunnya produktivitas

Tidak hanya untuk pekerja, perusahaan pun bisa memiliki keuntungan dengan memiliki standar K3 yang jelas. Bayangkan jika tidak ada prosedur standar yang mengatur tentang keselamatan dan keamanan pekerja, resiko kecelakaan kerja akan makin tinggi dan makin banyak pekerja yang tidak bisa bekerja karena mengalami insiden baik ringan maupun berat. Tentunya produktivitas di perusahaan akan menurun karena banyak SDM yang tidak bisa produktif karena sakit. Produktivitas yang menurun akan langsung berpengaruh terhadap performa pendapatan perusahaan.

4. Memberikan rasa tanggung jawab pada karyawan

Keselamatan dan kesejahteraan di lingkungan kerja tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya namun juga harus ada partisipasi aktif dari karyawannya. Oleh karena itu dengan adanya K3 maka karyawan atau pekerja memiliki prosedur standar yang jelas bagaimana caranya agar bisa produktif dengan cara yang aman dan sehat.

5. Memudahkan identifikasi masalah

Ketika sebuah perusahaan memiliki prosedur K3 yang jelas dan tertulis dengan baik serta diterapkan dalam segala tahapan produksi maka jika terjadi kesalahan atau kecelakaan kerja, perusahaan bisa dengan lebih mudah melakukan identifikasi bagian mana yang menyebabkan terjadinya insiden sehingga perbaikan pun bisa segera dilakukan. Dengan demikian proses identifikasi masalah dan menerapkan solusi bisa dilakukan dengan sumber daya yang lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan produksi yang tidak punya standar operasional yang jelas. Jika perusahaan Anda belum memiliki K3 berstandar, Anda bisa mendapatkannya melalui perusahaan PJK3 terdekat.

Kami adalah perusahaan supplier K3 safety untuk industri. Hubungi kami untuk penawaran terbaik.