Bukan rahasia, jika bekerja di perusahaan pertambangan tentunya memiliki resiko kecelakaan tinggi, Karena itulah mengetahui tips K3 di perusahaan pertambangan menjadi bagian dasar yang wajib untuk dipahami serta diikuti oleh seluruh pekerjanya. Selain itu, tingkat kesalahan serta kecelakaan yang cukup tinggi juga seringkali menjadikan pihak perusahaan menggunakan layanan Jasa K3 dengan tujuan utama menjaga keselamatan dari lingkungan kerja serta seluruh karyawan yang dimilikinya. Namun keselamatan serta kesehatan kerja itu sendiri tentunya tidak akan berjalan dengan baik jika setiap pekerja yang berada di dalamnya tidak memahami hal tersebut.


Karena itulah diwajibkan bagi setiap pekerja atau karyawan untuk mengikuti beberapa tips keamanan bekerja di lingkungan pertambangan seperti hanya beberapa hal di bagian bawah ini :

Hindari untuk mengabaikan bahaya

Hal pertama yang juga menjadi langkah awal dalam proses penjagaan keamanan serta keselamatan kerja adalah menyadari fakta bahwa bekerja di lingkungan pertambangan itu sendiri memiliki resiko tinggi. Dengan demikian tingkat kewaspadaan dari para pekerjanya pun dapat lebih ditingkatkan, utamanya ketika kegiatan atau aktivitas pekerjaan tengah dilakukan. Karena seperti yang anda ketahui, kecelakaan di tempat kerja utamanya di lingkungan pertambangan memiliki dampak yang besar untuk masa depannya.

Perencanaan serta komunikasi yang matang pada tugas atau aktivitas beresiko

Ketika tugas atau aktivitas pekerjaan yang memiliki resiko tinggi hendak dilakukan, maka pastikanlah untuk melakukan perencanaan dengan lebih matang, serta mengkomunikasikannya dengan tepat kepada para pekerja lainnya, utamanya rekan kerja pada aktivitas itu sendiri. Dengan melakukan hal tersebut, umumnya pekerjaan pun dapat dilakukan dengan lebih aman dan efektif. Selain itu,resiko dari kemungkinan terjadinya kecelakaan pun dapat dihindari dengan lebih mudah.

Pelatihan professional

Selain kedua hal di bagian atas tadi, setiap pekerja atau karyawan di lingkungan pertambangan pun tentunya harus memperhatikan pelatihan professional dengan lebih baik, utamanya pelatihan yang berkaitan dengan keselamatan kerja. Bahkan jika perlu setiap perusahaan pertambangan melakukan pelatihan tersebut secara rutin, sehingga setiap karyawan pun dapat mengikuti dan juga memahaminya dengan baik, karena tidak jarang diantaranya pelatihan yang hanya diberikan bagi anggota baru saja, padahal setiap anggota baru atau pun pekerja lama tentunya membutuhkan pelatihan tersebut untuk terus mengingatkan dirinya mengenai resiko serta bahaya yang mungkin terjadi begitu saja.

Penggunaan perlengkapan keamanan

Perlengkapan keamanan adalah bagian paling dasar dan juga wajib untuk dilakukan oleh setiap pekerja di lingkungan tersebut. Hal ini berkaitan dengan tingkat keselamatan yang tentunya dapat dijaga dengan lebih baik, beberapa jenis perlengkapan dasar yang umum untuk digunakan, diantaranya adalah kacamata, helm, kemudian sarung tangan, dan juga beragam jenis komponen perlengkapan keamanan, serta keselamatan lainnya.

Bentuk pengawasan tim

Karena pekerjaan yang dilakukan berada di lingkungan pertambangan, umumnya hal ini akan dilakukan dengan sistem pembagian tim. Karena itulah setiap anggota tim tentunya wajib untuk mengikuti instruksi dari tingkat keselamatan kerja tanpa pengecualian sedikit pun. bahkan untuk seorang supervisor pun juga wajib untuk mengikuti dan melakukan pengawasan secara rutin pada setiap anggota tim yang dimilikinya. Bentuk pengawasan yang satu ini bertujuan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dan juga sesuai aturan yang ada sehingga tingkat kecelakaan pun dapat diminimalisir dengan lebih mudah.

Dengan mengikuti beberapa tips di bagian atas tadi tentunya pekerjaan yang dilakukan di lingkungan pertambangan pun dapat dilakukan dengan lebih aman, apalagi jika disertai dengan penggunaan layanan jasa dari PJK3 yang telah terbukti jaminan serta kualitas keamanan dan keselamatan kerja yang dimilikinya.

Kami adalah perusahaan supplier K3 safety untuk industri. Hubungi kami untuk penawaran terbaik.