Apa saja sih bentuk kesalahan dalam K3 yang harus anda hindari? Pada dasarnya kecelakaan itu sendiri dapat disebabkan oleh beragam faktor, bahkan meskipun perusahaan tempat anda bekerja telah melakukan tingkat pengamanan semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kecelakaan tersebut, tetap saja beberapa jenis kecelakaan mungkin akan terjadi. Baik itu dikarenakan adanya kesalahan dari pihak pekerja atau bahkan penggunaan mesin, serta peralatan lain yang terdapat di lingkungan kerja itu sendiri. 


Namun bagi anda yang ingin menghindarinya dan melakukan pekerjaan dengan lebih aman, maka pastikanlah untuk menggunakan layanan Jasa K3 yang telah berpengalaman, sehingga tingkat keamanan serta kesehatan pekerjaan di lingkungan perusahaan anda pun dapat terjaga dengan lebih baik. Selain memperhatikan hal tersebut, pastikan pula untuk menghindari beragam bentuk kesalahan dari K3 yang cukup sering dilakukan, seperti halnya :

Menghindari asumsi agar benar-benar aman

Bagi anda yang bekerja di lingkungan perusahaan yang cukup rawan akan kecelakaan, seperti halnya lingkungan perusahaan engineering, kimia, atau bahkan pertambangan, maka pastikanlah untuk melihat kondisi dari lingkungan kerja yang benar-benar telah terjaga dengan aman. Karena tidak jarang diantaranya karyawan dan para pekerja lainnya yang berasumsi bahwa kondisi dari perusahaan tersebut berada dalam keadaan aman namun justru sebaliknya, sehingga kecelakaan atau bahkan kesalahan dalam pekerjaan pun seringkali terjadi. Untuk menghindari asumsi tersebut memang dibutuhkan pembiasaan diri yang juga dikaitkan dengan beragam faktor berbeda seperti halnya dilihat dari pengalaman, kemudian training yang pernah dilakukan, tingkat pendidikan dari karyawan serta kondisi dari tempat kerja itu sendiri.

Laporan serta pengawasan

Selain kesalahan di bagian atas tadi, ada pula bentuk kesalahan lain yang cukup sering diabaikan, seperti halnya potensi dari kecelakaan kerja yang mungkin saja muncul. Ketika anda mengetahui hal tersebut, maka pastikanlah untuk melakukan pelaporan, jangan sampai anda membiarkan hal tersebut hingga kecelakaan terjadi. Karena pada dasarnya setiap karyawan itu sendiri memiliki tugas yang sama, yaitu memberikan laporan kepada pihak terkait yang dapat melakukan pengawasan, sehingga kesalahan dalam pekerjaan pun dapat dihindari dengan lebih mudah. Langkah pencegahan seperti halnya pelaporan serta pengawasan ini menjadi bagian penting yang wajib untuk dilakukan karena dapat mencegah terjadinya kecelakaan dengan lebih mudah di lingkungan kerja.

Hindari menggunakan alat yang salah

Kesalahan lain yang juga kerap terjadi di lingkungan kerja adalah karyawan menggunakan alat yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian, potensi dari bahaya yang ditimbulkan pun dapat muncul dengan sendirinya. Dalam hal ini pastikanlah agar anda dan para pekerja lainnya tidak memaksakan diri dalam menggunakan alat atau pun mesin yang ada di perusahaan tersebut, utamanya jika mesin atau alat itu tidak berjalan sesuai dengan fungsinya. Karena selain dapat mengakibatkan adanya kesalahan kerja atau pekerjaan yang menghadirkan hasil yang salah, hal ini pun dapat berakibat pada karyawannya itu sendiri, seperti halnya memicu terjadinya kecelakaaan atau bahkan beragam bentuk bahaya lainnya.  

Tidak terburu-buru

Bentuk kesalahan paling akhir dan juga kerap kali dilakukan oleh para pekerja atau karyawan perusahaan adalah melakukan kegiatan atau pekerjaannya dengan terburu-buru. Hal ini umumnya terjadi karena pekerja mengikuti ritme alat atau mesin yang berjalan dengan lebih cepat atau bahkan karena ingin menuntaskan pekerjaannya dengan waktu lebih cepat. Bentuk kesalahan kerja yang satu ini tentunya sangat beresiko bagi karyawannya itu sendiri. Karena itulah biasakan untuk melakukan pekerjaan dengan ritme yang tepat dan tidak terburu-buru. Seperti halnya pekerjaan yang dilakukan oleh layanan jasa PJK3 yang sangat menjaga tingkat keamanan dalam pekerjaan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari 4 bentuk kesalahan dalam K3 yang dapat anda hindari. Kami adalah perusahaan supplier K3 safety untuk industri. Hubungi kami untuk penawaran terbaik.